Yuk, Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara Sejak Dini!

Sumber: Hellosehat.com

Kanker payudara tak hanya menyerang wanita saja, tapi bisa juga terjadi kepada pria. Dilansir dari halaman halodoc, kanker payudara adalah tumor ganas yang berkembang dalam sel payudara di mana sel tersebut dapat membelah diri lebih cepat dari sel normal sehingga membentuk benjolan. Apabila kanker payudara sudah parah, maka akan menyebar ke organ tubuh yang lain melalui kelenjar getah bening.

Apa, sih, penyebab terjadinya kanker payudara? Menurut halaman hellosehat, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab. Berikut ulasannya!

  1. Usia

Usia yang memengaruhi terjadinya kanker payudara adalah umur 55 tahun atau lebih. Ada beberapa kasus di mana ditemukan pada penderita dengan usia kurang dari 45 tahun.

  1. Jenis Kelamin

Kanker payudara memang sangat sering ditemukan pada wanita. Namun, tak menutup kemungkinan bawah bisa terjadi pada pria. Hal ini terjadi karena hormon seks pada wanita, seperti progestron dan estrogen. Risiko tinggi kanker payudara terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi dini, wanita lanjut usia, dan memiliki payudara besar. 

  1. Gaya Hidup

Pola gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya kanker payudara. Contohnya, sering merokok dan mengonsumsi alkohol, kelebihan berat badan, dan mengonsumsi pil KB. Selain itu, jika penderita tidak memiliki anak atau memiliki anak setelah 35 tahun, menjadi faktor terjadinya kanker payudara. 

Bagaimana ciri-ciri kanker payudara? Yuk, simak ulasannya.

  1. Munculnya Benjolan

Cara mudah untuk mengetahui awal mula terjadinya kanker payudara adalah munculnya benjolan tapi tidak disertai dengan rasa sakit. Benjolan akan terasa jika diraba di area tersebut.

  1. Puting Terasa Sakit

Ciri-ciri penderita terkena kanker payudara adalah adanya perubahan pada bagian puting disertai dengan rasa nyeri pada puting. Terkadang, terdapat cairan tidak normal dari puting atau puting masuk ke dalam.

  1. Adanya Benjolan Pada Ketiak

Bukan hanya benjolan pada payudara saja, tapi adanya benjolan di bawah ketiak juga menandakan terjadinya kanker payudara. Sel kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak. 

  1. Warna Kulit Payudara Berubah

Adanya perubahan warna pada payudara bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara. Sering kali disalahartikan sebagai infeksi. Kulit payudara akan berubah menjadi kemerahan seperti iritasi, permukaan kulit pada area payudara tampak berlekuk-lekuk, adanya penebalan kulit, dan tekstur atau warna kulit seperti kulit jeruk.

Selain itu, dilansir halaman hellosehat, ada beberapa ciri-ciri kanker payudara, yaitu puting tiba-tiba memerah dan bengkak, pembuluh vena terlihat pada payudara, dan rasa sakit pada payudara yang tidak kunjung hilang.

Untuk mengenali apakah Anda termasuk menderita kanker payudara atau tidak, bisa melakukan SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri setiap bulannya. Waktu terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melakukan SADARI adalah seminggu setelah berakhirnya menstruasi.

Ada beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penyakit kanker payudara. Berikut alasannya!

  1. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Menerapkan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Ada banyak vitamin dan nutrisi yang bisa didapatkan untuk tubuh. Mengonsumsi buah dan sayuran bisa mencegah kanker payudara.

  1. Menghindari Alkohol dan Rokok

Hindari minuman beralkohol dan rokok yang bisa memicu terjadinya kanker payudara. 

  1. Olahraga

Pola hidup sehat lainnya adalah dengan berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Olahraga bisa membantu mengurangi risiko penyebab kanker payudara. 

Nah, itulah ciri-ciri kanker payudara yang bisa ditemukan dan cara pencegahannya. Yuk, terapkan pola hidup sehat agar terbebas dari kanker payudara!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>